Sabtu, 27 Oktober 2012

Resep 'Mini Cookies'

Beberapa waktu lalu, tepatnya menjelang lebaran aku menemukan beberapa resep kue yang aku dapatkan dari sebuah tabloid. Kalau tidak salah tabloid NOVA, tapi aku lupa edisi ke berapa. Pokoknya melihat gambar-gambarnya lucu makanya aku jadi tertarik. Padahal aku pribadi hanya bisa memasak sayur yang simple-simple saja seperti sayur asem, sayur bening, tapi entah untuk bikin kue rasanya kok ada "chemistry" tersendiri dalam memasak kue. Jadi meski tidak bisa memasak (dalam hal ini memasak menu makanan sehari-hari yang rumit-rumit, seperti sayur lodeh, semur, gule, dll) aku mencoba membuat kue untuk lebaran nanti. Yaitu sebuah Mini Cookies, yang resep dasarnya aku dapat dari tabloid NOVA sementara hiasannya aku kreasikan sendiri sesuka hati.

Ini dia resep 'Mini Cookies'-ku
1. Vanilla Cookies, bahan-bahan :
    - 150 gr Mentega
    - 75 gr gula halus
    - 1 butir telor sedang
    - 1 sdm maizena
    - 1 sdm susu bubuk (kalo susu ini aku pakai susu Dancow yang sachetan)
    - 375 gr terigu (aku pakai terigu segitiga biru)

How to make??
- kocok rata mentega dan gula halus
- masukkan telor, aduk dengan spatula (mikser)
- masukkan tepung maizena & susu bubuk, aduk hingga rata
-masukkan terigu sedikit demi sedikit, hentikan penambahan terigu jika adonan sudah kalis
-giling adonan, cetak sesuai selera, lalu panggang dalam oven.

Hiasan :
-lelehkan dark chocolate
-celupkan permukaan cookies secara perlahan
-taburi dengan kacang/sprinkle\
-diamkan hingga coklat beku
-tata dalam toples.

Nah, itulah resep dasar pembuatan cookies, lalu untuk hiasan disini aku membuat cookies choco star dan choco nut.
Cookies choco star dan choco nut pada dasarnya sama, yaitu dengan menyelupkan bagian permukaan atas cookies pada coklat yang telah dilelehkan sebelumnya, lalu ditaburi dengan sprinkle (disini aku menyebutnya dengan star), dan sebagian ditaburi dengan kacang yang telah ditumbuk terlebih dahulu.


Selamat mencoba! :))

Cookies choco nut
Cookies choco star



Tidak ada komentar: