Jumat, 22 Maret 2013

Resep Vanilla Cupcake

Mini Vanilla Cupcake


“Fiuhh?!! Akhirnya jadi juga!!” Itulah kalimat pertama ketika aku membuka oven dan mendapati cupcake buatanku mengembang sempurna.

“Alhamdulillah” Itu kata kedua setelah meyakinkan kalo cupcakes tidak “bantat” haha…lumayan laah ada sedikit kemajuan.

Ya ya, bagaimana tidak kalo dihitung-hitung cupcake kali ini adalah percobaan ketigaku dalam membuat cup cake. Hasil dua cupcake sebelumnya “TETOOOT, GAGAAAL!!!” *sambil nunduk.

Hihi, dua kali percobaan dua kali pula gagal tapi ambisi untuk bisa membat cupcake yang mengembang sempurna belum pernah padam. Alhasil, waktu jalan-jalan ke toko buku untuk membeli novel, aku sempatkan mengintip ke rak “RESEP MASAKAN”. Karena selama ini resep-resep yang aku contek semua berasal dari “ubek-ubek” si Mbah Google :p

Ini niih resepnya
*dikutip dari salah satu resep di toko buku
**dengan modifikasi bahan sesuai selera
Bahan :
-         -  4 kuning telor
-         -  2 putih telor
-         - 75 gr gula pasir
-         - 1 sdt ovalet
-     - 70 gr tepung terigu protein rendah (kunci) *karena tidak menemukan terigu kunci, maka aku coba pake terigu segitiga
-         - 10 gr susu bubuk
-         - 1 sdt vanili bubuk
-         - 30 gr margarine, lelehkan

Hiasan :
-          Buttercream white *warnanya siih sesuai selera
-          Sprinkles* hiasan kecil seperti permen, bisa juga dengan choco chips

How to make???
-          1. Kocok telor, gula, dan ovalet hingga mengembang dan kaku
-          2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan vanili bubuk, aduk rata*ayak terigunya terlebih dahulu
-          3. Tambahkan margarine yang sudah dilelehan tadi, aduk rata
-    4. Tuang adonan ke dalam cup kertas yang telah dipersiapkan sebelumnya*kalo aku pake cup kertas berukuran 4cm
-       5. Oven adonan hingga matang dan angkat*naah, ini nih di resep aslinya adonan dikukus, tapi aku salah baca resep jadinya aku oven, tapi hasilnya juga mengembang kok J
-         6. Tunggu hingga dingin baru diberi hiasan sesuai selera.
-          7. Jadi 10 cupcake  :D


Dalam resep ditulis dikukus, sementara punyaku  dioven. Hasilnya mengembang, cuma kurang sedikit lembut dan sedikit keras. Entah itu karena pengaruh kukus-mengukus tadi atau karena terigu yang harusnya pake Kunci biru tapi aku pake Segitiga biru dimana segitiga termasuk terigu protein rendah sedangkan kunci protein rendah*hmmm…lain kali aku akan mencoba dengan terigu kunci biru.

Nah, sekian sedikit resep cupcake dari hasil pencarian di toko buku.
Selamat mencobaaa :D

2 komentar:

Dini R mengatakan...

mba, itu beli sprinkle-nya dimana ya? :) terima kasih

peBe mengatakan...

di toko bahan kue ada kok :)