Jumat, 24 Agustus 2012

Lebaran Ketupat


Lebaran ketupat adalah salah satu tradisi di sini, di Surabaya yang biasanya dilaksanakan satu minggu setelah lebaran. Disebut lebaran ketupat karena warga disini membuat ketupat pada hari itu juga. Semua warga sudah berbondong-bondong sejak pagi menuju ke pasar untuk membeli janur kuning dan kelapa yang telah diparut. Janur-jenur kuning tersebut kemudian akan dibentuk ketupat, lalau diisi beras dan dimasak hingga matang.

Warga disini menyebutnya dengan lebaran ketupat, yang dilaksanakan tepat satu minggu setelah lebaran. Di lebaran ketupat ini yang paling gembira adalah anak-anak kecil. Pagi hari mereka sudah bersiap membawa tas keresek masing-masing. Berkumpul dan secara bergiliran mereka mengunjungi satu per satu rumah warga untuk mendapatkan sedikit bagian ketupat yang akan mereka kumpulkan menjadi satu dalam tas keresek mereka masing-masing. Biasanya di tiap satu rumah mereka mendapat satu bagian ketupat. Kegembiraan terpancar dari wajah anak-anak kecil, kadang mereka berlomba siapa yang dapat mengumpulkan lebih banyak ketupat.

Itulah secuil kenangan masa kecil ketika lebaran ketupat. Pagi-pagi buta sudah ribut mencari tas keresek yang lebih besar. Bahkan, ada diantara mereka yang hanya mencuci mukanya tanpa mandi takut kalau sudah ditinggal temannya berkeliling.

Tidak ada komentar: