Selasa, 29 Desember 2015

novel PULANG - Tere Liye

Cover Novel PULANG

Judul : Pulang
Penulis : Tere Liye
400 halaman
Penerbit : Republika
Cetakan I : September 2015

Membaca judul novel ini, yaitu PULANG terbayang di benak bahwa cerita yang akan tersaji di dalamnya adalah sudah pasti tentang pulangnya seseorang dari suatu perantauan yang panjang lebih dari selaruh usianya dengan latar belakang sebuah pedesaan dan kedua orang tua yang memanti kepulangan anaknya.

Ya, memang benar novel Pulang ini menceritakan tentang perantauan seseorang, namun bukan sekadar perantauan biasa yang hanya keluar dari desa tempat tinggal sebelumnya untuk mencari kehidupan yang lebih baik di sebuah kota. Tidak, novel ini memiliki cerita yang sangat berbeda tentang definisi pulang yang bahkan tidak terlintas di benak.

 Pulang disini menceritakan tentang seorang bujang yang direkrut dari sebuah desa di pedalamn Sumatra di usia yang masih remaja untuk menjadi anak angkat oleh seorang pemimpin kelompok shadow economy bernama keluarga Tong. Alur maju mundur tidak membuat bingung pembaca karena alur berjalan dengan sangat halus. Cerita saling berkaitan antara tokoh satu dengan yang lain, bahkan satu tokoh yang tidak disangka sangka akan menjadi seorang yang sangat penting di pertengahan cerita ketika sudah memasuki klimaks ceritanya.

Menurut saya, novel ini lebih ke genre action, semua digambarkan sangat detail di setiap adegan adegannya, tentang peperangan, baku tempak, kecerdikan  menyusun suatu rencana peperangan dalam perebutan suatu kekuasaan di dunia hitam. Darah, pembunuhan karena pengkhianatan tak luput dari deskripsi yang apik hingga seolah olah saya sedang menonton film action holywood dibintangi oleh aktor aktor keren. Senjata yang diceritakan disini tidak hanya menggunakan peralatan perang yang canggih seperti pistol, granat, tapi juga terdapat pedang samurai, shuriken atau bintang ninja, dan pedang.

Yang menarik dari novel ini adalah ciri khas Tere Liye (menurut saya setelah membaca beberapa bukunya) yang selalu menyelipkan kalimat kalimat bijak penuh makna. Dari setiap peristiwa yang dialami tokoh utama selalu dikaitkan dengan pelajaran pelajaran hidup yang membuat saya berfikir "Oh.. iya ya" 
Pun demikian, meskipun novel ini menceritakan tentang dunia gelap si tokoh utama tak lupa juga diselipkan cerita akan pentingnya suatu pendidikan. Bila perlu kejarlah ilmu setinggi langit, menyebrangi benua, ilmu pengetahuan itu sangatlah penting. Itulah yang dilakukan oleh Bujang, tokoh utama.

Novel Pulang ini menceritakan tentang makna dari pulang dalam arti yang luas  penuh perjuangan dan pembelajaran.

"Sungguh, sajauh apa pun kehidupan menyesatkan, segelap apa pun hitamnya jalan yang kutempuh, Tuhan selalu memanggil kami untuk pulang. Anakmu telah pulang"

- kutipan dari kata hati Bujang, di novel PULANG -

Tidak ada komentar: